Iklan

Iklan

Warga Keluhkan Bau Menyengat dari Pabrik Pengolahan Limbah Plastik di Desa Sukaharja

BERITA PEMBARUAN
16 September 2022, 22:45 WIB Last Updated 2022-09-16T15:45:03Z
Warga Pakuncen Desa Sukaharja Kecamatan Telukjambe Timur Karawang saat menyampaikan keluhannya kepada wartawan,Jumat 16 September 2022.(foto:ega)


KARAWANG - Diduga dari beroperasinya pabrik pengolahan limbah plastik, warga Dusun Pakuncen, RT 01/06 Desa Sukaharja, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang keluhkan keberadaan pabrik pengolahan limbah plastik.


Pasalnya pabrik yang sudah disegel Satpol PP Kabupaten Karawang tersebut diduga mengeluarkan bau tak sedap dan menyengat.


Sejumlah warga mengaku mulai mengalami mual, sesak napas, batuk dan sakit kepala akibat menghirup bau menyengat dari pengolahan limbah plastik di wilayah tempat tinggal mereka.


Seperti diungkapkan tokoh masyarakat Desa Sukaharja, H Hasim (58). Menurutnya saat ini mulai banyak warga mengeluh sesak napas dan batuk bahkan harus dibawa ke rumah sakit.


"Ada dua (dampak), yang paling dekat dengan pabrik yaitu kebisingan dan kebauan," ujar H Hasim, Jumat 16 September 2022.


Hasim mengatakan, warga saat ini takut mengalami penyakit kanker otak dan kanker paru-paru akibat menghirup bau tak sedap dari pabrik.


"Baunya itu kebanyakan malam sampai pagi," ujar Hasim.


Hasim bersama warga lain mengaku sudah sering mengadukan kondisi ini kepada pihak terkait. Namun sayang hingga saat ini pabrik masih nekat beroperasi meski sudah disegel oleh Satpol PP.


"Apalagi kemarin baunya sangat luar biasa sampai warga masuk ke dalam (pabrik) saking tidak kuat nahan bau," ucap Hasim.


Menurut Hasim, pabrik pengolahan plastik ini sama sekali tidak meminta izin kepada warga sekitar. Namun kata dia, pihak pengelola pabrik berdalih sudah mendapatkan izin domisili dari pihak desa.


"Kepala desa juga sampai saat ini terkesan tidak memihak kepada warga. Padahal warga sudah mengeluh karena terganggu," ungkapnya.


Senada, diungkapkan warga lain bernama Uun (62). Menurut Uun, bau menyengat dari pabrik itu dirasakan oleh warga hampir setiap hari.


"Sudah komplain ke desa, kemana gitu, tapi tetap hasilnya nihil gada tindakan apa-apa," katanya.


Kemudian lanjut Uun, yang lebih miris,  anggota keluarganya sempat mengalami sakit diduga menghirup udara bau dari pengolahan limbah plastik.(ega)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Keluhkan Bau Menyengat dari Pabrik Pengolahan Limbah Plastik di Desa Sukaharja

Terkini

Topik Populer

Iklan