Iklan

Iklan

Mantan Kapolri Hadiri Aksi Penanaman Pohon di Lahan Eks PETI

BERITA PEMBARUAN
21 Maret 2023, 19:35 WIB Last Updated 2023-03-21T12:37:28Z
Mantan Kapolri Jenderal Purn.Badrodin Haiti saat menghadiri penanaman pohon di lahan eks Peti di Kecamatan Tapin Selatan, Selasa (21/3/2023)(foto:ist)

RANTAU - Pada rangkaian memperingati Hari Bhakti Asri Rimbawan tahun 2023, PT. Antang Gunung Meratus (PT AGM) gelar aksi penanaman pohon di lahan eks Penambangan Tanpa Izin (PETI) dan dihadiri langsung oleh Komisaris PT AGM Jenderal Polisi (Purn) Badrodin Haiti.

Aksi penanaman pohon tersebut dilaksanakan di Kawasan Konsesi PT. AGM Blok III Desa Puncak Harapan Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin Kalsel, Senin 20 Maret 2023.

Komisaris PT AGM Jendral Polisi (Purn) Badrodin Haiti mengatakan, tujuan dilakukannya aksi penanaman pohon tersebut, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perubahan iklim, mewujudkan desa asri yang bersih, hijau dan jauh dari pencemaran lingkungan serta mengurangi resiko bencana di desa.

"Untuk itu pelestarian alam sangatlah penting,salah satunya dengan penanaman pohon ini," ujar mantan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ke - 22 itu.

Badrodin menegaskan, tidak sekedar menanam namun semua pihak juga bisa terus menjaganya. Agar yang ditanam bisa tumbuh dan yang ditanami menghijau kembali.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada pihak - pihak yang telah membantu menjaga kelestarian lingkungan di konsesi PT AGM, sehingga tidak dijamah pelaku pertambangan illegal.

"Sekarang ini, PT. AGM sudah mampu menjaga konsesi hingga bebas dari aksi penambangan liar," ungkapnya.


Namun demikian, pensiunan Jenderal Polisi tersebut mengutarakan, bahwa ada sekitar 70 hektare eks tambang liar termasuk lahan yang ditanami kali ini dan kesemuanya harus direklamasi PT. AGM selaku pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B).

Pihak PT. AGM menargetkan pada tahun ini lahan seluas 110 hektar akan direklamasi dan sebelumnya telah dilakukan upaya pemulihan alam serupa seluas 1.000 hektare lahan.

Sementara Perwakilan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Rudi Herlambang menyampaikan, pihaknya bersama tim Satgas PT. AGM terus melaksanakan kegiatan rutin patroli. Sehingga aktivitas penebangan liar dan penambangan illegal dikawasan hutan sudah berkurang.

"Kami rutin melakukan pengawasan dengan menggelar patroli sehingga hutan bisa terjaga dari aktivitas pembabatan hutan," ujarnya.

Ia menyampaikan, dalam melakukan pengawasan pihaknya mengedepankan pendekatan persuasif kepada masyarakat. Agar kepedulian mereka tumbuh dan turut menjaga alam.(Ron)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mantan Kapolri Hadiri Aksi Penanaman Pohon di Lahan Eks PETI

Terkini

Topik Populer

Iklan