Iklan

Iklan

Tingkatkan Pariwisata, Pemkab Tapin Buka Peluang Investasi Perhotelan

BERITA PEMBARUAN
24 Maret 2023, 11:12 WIB Last Updated 2023-03-24T04:12:07Z
Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam salah satu acara di Rantau, Kalsel (foto:ist)


RANTAU - Bupati Tapin Drs. HM Arifin Arpan, M.M., membuka peluang bagi investor untuk berpartisipasi melakukan investasi di daerahnya, khususnya bagi mereka para pengusaha yang bergerak di bidang perhotelan.


HM.Arifin Arpan mengungkapkan alasan dibukanya peluang bagi investor yang berniat membangun hotel di daerahnya itu sebagai upaya untuk penunjang pembangunan pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan.


Hal tersebut disampaikan Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sebuah wawancara dengan jurnalis salah satu media ternama di Indonesia dan diunggah chanel YouTube akun @Kompas.com, Rabu (22/3/23).


"Kenapa sih pengusaha berdiam diri. Belum ada yang melirik untuk investasi di sektor perhotelan, padahal di Tapin ini punya aset potensial pariwisata yang bisa dikembangkan," ujar Arifin Arpan.


Lebih lanjut Bupati Tapin menyebutkan, kemudahan perizinan bagi investor yang hendak berinvestasi di daerahnya itu sudah sejak lama dilakukan pihaknya, terutama untuk dunia usaha yang ada kolerasinya dengan program strategis Pemkab Tapin terkait peningkatan ekonomi masyarakat sektor Pertanian, Perkebunan, UMKM dan Pariwisata.


Diketahui, Tapin adalah sebuah Kabupaten dengan ibukotanya Rantau yang berada di sebelah utara dan berjarak kurang lebih 113 kilometer dari titik nol Kota Banjarmasin ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, atau berjarak sekitar 90 KM dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru.


Kabupaten Tapin dengan jumlah penduduk yang kurang dari 200 ribu jiwa itu, memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Selain merupakan salah satu daerah penghasil mineral batubara terbesar di Kalsel, juga mempunyai aset potensi sektor pariwisata yang bisa dikembangkan disamping lahan sektor pertanian dan perkebunan yang masih luas.


Adapun sektor pariwisata di Bumi Ruhui Rahayu sebutan lain untuk tapin, yang potensial dikembangkan yakni wisata alam Goa Batu Hapu di Kecamatan Hatungun, Goa Beramban, Bendungan Tapin dan Alam Pegunungan Meratus di Kecamatan Piani.


Tempat lainnya, yaitu wisata religi Makam Datu Sanggul, Makam Datu Suban, Makam Datu Nuraya di Kecamatan Tapin Selatan dan Makam Datu Qobul di Kecamatan Candi Laras Selatan serta Masjid Keramat di Banua Halat Kecamatan Tapin Utara.


Sedangkan event tahunan yang rutin dilaksanakan di Kabupaten Tapin yakni tiap tanggal 12 Rabiulawal penanggalan Hijriah di Masjid Keramat  Banua Halat digelar Baayun Maulid, Haul Datu Sanggul, Haul Datu Qobul, Tapin Expo, Khataman Massal Alquran, event Seni Budaya dan Kemah Bhakti Ruai Rindu Meratus serta event lainnya yang biasanya menyedot pengunjung hingga puluhan ribu orang setiap gelarannya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Pariwisata, Pemkab Tapin Buka Peluang Investasi Perhotelan

Terkini

Topik Populer

Iklan