Iklan

Iklan

Kampung KB Desa Bitahan Baru Wakili Kabupaten Tapin, Ikuti Lomba Tingkat Provinsi Kalsel

BERITA PEMBARUAN
06 April 2023, 17:37 WIB Last Updated 2023-04-06T10:37:30Z
Ketua TP PKK Kabupaten Tapin Hj.Ratna Elliyani bersama Tim BKKBN Provinsi Kalsel, Rabu 5 April 2023.(foto:ist)


RANTAU - Kampung Keluarga Berkualitas Desa Bitahan Baru Kecamatan Lokpaikat, wakili  Kabupaten Tapin menjadi peserta Lomba Kampung KB tahun 2023 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin Hj. Ratna Elliyani Arifin Arpan berkesempatan hadir dan mendampingi, pada penilaian Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Desa Bitan Baru yang dilaksanakan oleh Tim Penilai BKKBN provinsi Kalsel tersebut, Rabu 5 April 2023.


"Alhamdulillah Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Desa Bitahan Baru Kecamatan Lokpaikat ini bisa mewakili Kabupaten Tapin pada Lomba Kampung KB tahun 2023 tingkat Provinsi Kalsel," ujarnya.


Hj. Ratna Elliyani menuturkan, awal seleksi pihaknya mengusulkan tiga Kampung KB yang mewakili Kabupaten Tapin untuk mengikuti lomba tersebut yakni Kampung Keluarga Berkualitas Desa Pualam Sari Binuang, Kampung KB Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah dan Kampung KB Desa Bitahan Baru Kecamatan Lokpaikat.


Namun kata Ketua PKK, hanya Kampung Keluarga Berkualitas Desa Bitahan Baru ini yang lolos seleksi administrasi dan bersaing dengan tiga Kampung KB dari Kabupaten Kota lainnya di Kalsel.


"Pada hari ini merupakan tahap penilaian final yang dilaksanakan oleh tim yang dipimpin BKKBN Provinsi Kalsel. Berharap bisa menjadi pemenang hingga nantinya bisa mewakili Kabupaten Tapin pada perlombaan tingkat nasional," harapnya.


Ketua TP PKK optimis Kampung Keluarga Berkualitas Desa Bitahan Baru ini bisa menjadi juara lomba. Dengan melihat antusiasme dan dukungan dari banyak pihak salah satunya pemerintah daerah dan dunia perusahaan disekitar yang menjadi salah satu syarat kriteria penilaian.


Sementara Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalsel Ir H.Ramlan, M.A., mengatakan, salah satu prasyarat yang masuk kategori lomba adalah kemandirian Kampung KB, peran aktif atau suport dari pihak ketiga (Pemkab dan Perusahaan) serta keberlanjutan Kampung Keluarga Berkualitas itu sendiri.


"Adapun kriteria yang dinilai yakni terkait input dan outputnya salah satunya dari sisi ekonomi, kesehatan, pendidikan,peran serta kepemudaan dan lainnya," ujar H. Ramlan.


Dikatakannya, selain Kampung KB Desa Bitahan Baru Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin ada tiga Kampung Keluarga Berkualitas lainnya dari Kabupaten Kota di Kalsel yang mengikuti lomba.


Diketahui, Kampung KB merupakan wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan nawacita. Nawacita ke tiga menyebutkan yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah - daerah dan desa dalam bingkai NKRI.


Adapun definisi Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) adalah satuan wilayah setingkat Desa atau Kelurahan dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan SDM, keluarga serta masyarakat.


Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau yang setara melalui Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga atau disingkat KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kampung KB Desa Bitahan Baru Wakili Kabupaten Tapin, Ikuti Lomba Tingkat Provinsi Kalsel

Terkini

Topik Populer

Iklan