Iklan

Iklan

Nelayan Karawang Ancam Demo KKP dan Pertamina Pusat

BERITA PEMBARUAN
06 April 2023, 22:58 WIB Last Updated 2023-04-06T19:26:21Z
Perwakilan warga pesisir Utara Karawang saat audensi dengan Pemkab terkait penyelesaian kompensasi pencemaran, di Asda II, Kamis 6 April 2023.(foto:Ari)


KARAWANG - Ratusan nelayan dari empat desa di wilayah Pantai Utara Karawang    bakal sambangi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kantor Pusat PT Pertamina PHE ONWJ di Jakarta.


Aksi itu bakal dilakukan apabila Pemerintah Kabupaten Karawang dalam hal ini Pokja Penyelesaian Kompensasi korban semburan oli spil tidak mampu memfasilitasi perundingan nelayan dengan PT. Pertamina PHE ONWJ.


Hal tersebut disampaikan Direktur LBH Cakra Indonesia Hilman Tamimi seusai audensi dengan Pemerintah Kabupaten Karawang di ruangan Asda II Pemkab Karawang, Kamis 6 April 2023.


"Kami akan melakukan demonstrasi di KKP dan kantor Pertamina Pusat di Jakarta terkait masalah kejahatan lingkungan yang dilakukan oleh PT Pertamina PHE ONWJ. Dan meminta penyelesaian kompensasi korban semburan minyak mentah yang ditimbulkan oleh aktivitas eksploitasi tambang dilepas pantai," tegas Hilman Tamimi.


Hilman Tamimi mengatakan, sebelumnya sudah berkali-kali pihaknya berkirim surat ke Pemkab Karawang maupun DPRD Karawang meminta untuk difasilitasi terjadinya perundingan. Namun pihak PT Pertamina PHE ONWJ untuk kesekian kalinya juga mangkir dari undangan resmi tersebut.


"Kami tantang Pertamina PHE ONWJ untuk tidak mangkir dan berunding satu meja dengan kami masyarakat nelayan Utara Karawang pekan depan di Pemkab Karawang," pintanya.


Dalam persoalan ini Hilman juga meminta pemerintah agar benar-benar memperhatikan nasib para nelayan yang terkena dampak berkepanjangan, atas terjadinya tragedi kejahatan lingkungan yang dilakukan pihak Pertamina PHE ONWJ.


"Saya minta kepada Pemkab Karawang dalam hal ini Pokja Penyelesaian Kompensasi korban oli spil tidak boleh kalah dengan korporasi sekelas Pertamina dan harus mampu memfasilitasi nelayan untuk bertemu dengan Pertamina," pungkasnya.[*/Red]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Nelayan Karawang Ancam Demo KKP dan Pertamina Pusat

Terkini

Topik Populer

Iklan