Iklan

Iklan

Warga Keluhkan Bau Busuk Sampah, Pemerintah Dinilai Cuek

BERITA PEMBARUAN
07 Mei 2023, 18:35 WIB Last Updated 2023-05-07T12:40:43Z
Tumpukan sampah yang berserakan dan bau busuk dikeluhkan warga sekitar di Jalan By Pass Binuang Kabupaten Tapin, Minggu 7 Mei 2023.(foto:Ron)


RANTAU - Warga keluhkan bau tidak sedap dari tumpukan sampah, yang berserakan di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Desa Pualam Sari tepatnya di pinggir Jalan By Pass Binuang Kabupaten Tapin Kalsel.


Keluhan sejumlah warga itu diunggah di media sosial seperti status WhatsAp yang memposting video tumpukan sampah dan menuliskan caption 'Sampah Menumpuk dan Berserakan Menimbulkan Bau Tidak Sedap Kepada Siapa Lagi Kami Harus Mengadu'.


Melihat caption salah satu warga tersebut, seolah masyarakat sudah putus asa atau pasrah dengan kondisi yang dialaminya terkait pengelolaan sampah di lingkungannya tempat tinggalnya.


Saat dikonfirmasi beritapembaruan.id, Camat Binuang Eko Haryono menyampaikan, bahwa pengelolaan sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) merupakan kewenangan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin.


"Semua TPS termasuk TPAS, pengelolaannya itu se Kabupaten Tapin dipegang atau dikoordinir oleh Dinas Lingkungan Hidup," ujarnya, Minggu 7 Mei 2023.


Menurut Camat Binuang, kecamatan hanya mengkoordinir kewilayahan saja. Namun untuk pengelolaan Tempat Pembuangan Sementara dan Tempat Pembuangan Akhir Sampah yang menghandle keseluruhannya Dinas LH.


"Adapun kemarin sempat beberapa kali, kita mengangkat sampah dari TPS di Jl Bypass. Dan itu merupakan inisiatif kami (kecamatan) yang bekerjasama dengan PT Binuang Mitra Bersama (BMB) agar sampah tidak terlalu menumpuk," terangnya.


Sementara itu salah satu warga setempat Hary mengatakan, sebagian warga dari beberapa Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Binuang memang membuang sampahnya ke TPS yang disiapkan pemerintah satu - satunya yang ada di Binuang.


Dikatakannya, warga tidak keberatan dengan keberadaan Tempat Pembuangan Sementara Sampah tersebut karena memang harus ada TPS. Namun yang ia keluhkan tentang teknis pengelolaannya oleh instansi terkait yang kurang optimal.


"Persoalannya tidak rutin diangkut atau dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS), seharusnya jangan dibiarkan sampai numpuk terlalu banyak bahkan berserakan, sehingga menimbulkan bau tidak sedap apalagi kalau turun hujan ke radius beberapa ratus meter dari lokasi sampah," keluhnya.


Saat dikonfirmasi beberapa kali melalui sambungan WhatsApp dan telepon oleh beritapembaruan.id, Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin, Supian Noor hingga diturunkannya berita ini tidak direspon.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Keluhkan Bau Busuk Sampah, Pemerintah Dinilai Cuek

Terkini

Topik Populer

Iklan