Iklan

Iklan

Usulan Penghargaan, Tim Verifikasi Setmilpres Temui Ketua TP PKK Tapin

BERITA PEMBARUAN
26 Mei 2023, 10:01 WIB Last Updated 2023-05-26T03:01:01Z
Ketua TP PKK Kabupaten Tapin (kanan) saat menyambut kedatangan Tim Verifikasi Setmilpres, Kamis 25 Mei 2023.(foto:ist)


RANTAU - Pemerintah Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan diketahui telah berhasil turunkan angka stunting dengan signifikan sebesar 19 persen.


Capaian angka sebesar itu disebut - sebut merupakan paling tertinggi dibandingkan Kabupaten atau Kota di Provinsi Kalimantan Selatan bahkan di seluruh daerah lainnya di Indonesia.


Keberhasilan Pemkab Tapin dalam menurunkan angka stunting itu tidak terlepas dari campur tangan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin bersama instansi terkait lainnya selaku Pelaksana Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) juga Tim Percepatan Penurunan Stunting.


Atas keberhasilan itu melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) RI, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan diusulkan untuk menerima penghargaan Satya Lancana Wira Karya (SWK) dari Presiden RI.


Diketahui, SWK merupakan sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Presiden RI untuk Kepala Pemerintahan yang dinilai berhasil dalam mendukung Pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta sukses melakukan Percepatan Penurunan Stunting.


Pada Kamis (25/5/2023) Pemkab Tapin kedatangan tim verifikasi dari Sekretariat Militer Kepresidenan (Setmilpres) bersama BKKBN RI untuk melakukan verifikasi lapangan atas usulan penghargaan SWK tersebut.


Tim Verifikasi Lapangan Setmilpres, Gian Martika Kuswandi setibanya di Kabupaten Tapin menyampaikan, bahwa kedatangannya tersebut untuk melakukan verifikasi lapangan, meneliti, mengkaji dan membuat kesimpulan serta saran atas apa yang disampaikan terkait inovasi - inovasi dalam pencegahan stunting di Kabupaten Tapin.


"Sebelum melakukan verifikasi, terlebih dahulu akan melakukan pencocokan semua inovasi yang telah diimplementasikan. Mudah - mudahan profil yang disampaikan sesuai dengan kenyataan di lapangan," ujarnya.


Dikatakan Gian, dari buku profil yang telah disampaikan kepadanya sangat luar biasa, banyak sekali kegiatan yang telah dilakukan oleh Ketua TP PKK Tapin ini dalam pencegahan dan penurunan stunting. Kini pihaknya akan membuktikan fakta di lapangan apakah sesuai dengan apa yang tertuang di dalam buku profil itu.


Usai ramah tamah di Aula Tamasa Kantor Setda Pemkab Tapin, rombongan Setmilpres didampingi Ketua TP PKK dan Kepala SOPD terkait kunjungi Kampung KB Tirta Pare Desa Bitahan Baru Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin untuk meninjau Mojang Bastari.


Kemudian dilanjutkan mengunjungi Desa Gadung Keramat Kecamatan Bakarangan untuk meninjau langsung Program Inovasi Si Dama Suka Chating sekaligus melihat langsung anak stunting di wilayah tersebut yang sudah diintervensi Pemkab Tapin.(Ron).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Usulan Penghargaan, Tim Verifikasi Setmilpres Temui Ketua TP PKK Tapin

Terkini

Topik Populer

Iklan